advertisement 1
advertisement
SEARCH:
Follow US | MAIL SUBSCRIBE (RSS)rss feed

Tips Menghitung Biaya Renovasi Rumah

By on January 2, 2008

Tips Menghitung Biaya Renovasi Rumah thumbnail


Kita sebagai orang awam konstruksi seringkali masih bingung mengenai bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah. Sebenarnya, gampang sekali menghitung berapa biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah kita. Biaya untuk merenovasi rumah ini kemudian selanjutnya akan kita sebut sebagai RAB, yang merupakan singkatan dari Rencana Anggaran Biaya.

Berikut akan saya sampaikan beberapa tips mengenai cara untuk menghitung sendiri biaya renovasi bangunan. Komponen-komponen biaya renovasi rumah yaitu sebagai berikut:

1.biaya bongkar-pasang. Biaya bongkar pasang ini meliputi biaya tenaga, serta biaya material yang diperlukan untuk mengganti dan atau menambal bongkaran yang sengaja dirusak sebelumnya.

2.biaya konstruksi: biaya konstruksi ini meliputi biaya penggunaan tenaga tukang dan material, serta biaya sewa penggunaan alat-alat pendukung konstruksi. Alat-alat pendukung konstruksi antara lain berwujud scaffolding atau perancah atau steger, terbuat dari bambu, kayu bekas ataupun bisa juga berbentuk rangkaian besi, traktor penguruk/pembongkar yang disebut backhoe (bahasa kerennya, bego), mesin perata tanah (baby roller, stamper dan stampwals, dll) Semakin besar nilai sebuah proyek konstruksi, biasanya semakin rumit pula alat-alat pendukung konstruksi ini.

Jumlahkan seluruh komponen biaya RAB pada no 1 dan 2. Hasil dari penjumlahan ini disebut SUB TOTAL 1, bahasa teknisnya adalah bowsome

1 + 2 = SUB TOTAL 1

3.biaya jasa kontraktor atau jasa konstruksi, besarnya adalah 10% dari sub total 1 atau bowsome diatas.

Jumlahkan SUB TOTAL 1 (bowsome) dan komponen 3. Hasil dari penjumlahan ini disebut SUB TOTAL 2, bahasa teknisnya adalah anemingsome.

SUB TOTAL 1 + 3 = SUBTOTAL 2

4.biaya PPn dan PPH, besarnya 1,5 % dari sub total 2 atau anemingsome diatas.

Jumlahkan SUB TOTAL 2 (anemingsome) diatas dengan biaya PPn dan PPH. Hasil akhirnya disebut sebagai RAB TOTAL, atau aansome.

[PPN+PPh] + SUB TOTAL 2 = TOTAL

Nah, Aansome ini lah yang disebut sebagai harga penawaran yang di ajukan oleh kontraktor anda. Mudah bukan? ;)

Contoh-contoh RAB untuk berbagai ruang usaha selengkapnya dapat anda temukan di buku “ Interior Ruang Usaha “. Untuk contoh file excel RAB renovasinya bisa di download disini. Isi tulisan dan gambar ©2011 andiewicaksono.com, terimakasih untuk menyertakan link apabila ingin menshare isi.

contoh-rab-renovasi.zip

tulisan terkait: Biaya Renovasi Rumah, sediakan anggaran lebih dari RAB

Ads by architectjournal.org
jasa arsitektur

arsitek spesialis desain rumah, ruko, kantor, hotel, kost dan interior wilayah jogja, solo dan semarang. tenaga arsitek profesional. melayani konsultasi fengshui. hubungi kami di 081326571188 (no sms).
beriklan disini? tulis saja pada komen dibawah, redaksi akan menghubungi anda.

Readers Comments

  1. tony on June 5th, 2008 4:32 am

    Selamat siang,
    Kira-2 dengan tingkat inflasi sekarang ini biaya untuk renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai (semua sudah pakai pondasi cakar ayam) berapa per m2?

    [Reply]

    AQRA Reply:

    Saya ada rumah Lt 6 x 10 m , LB 45, kamar tidur 2 , dapur dan ruang tamu, saya mau renov rumah di tingkat full 6 x 10, dan bagian belakan sudah cakar ayam ada 5, dan tembol samping tetangga saya ngalah satu bata dan bukan separuhnya, berapa biaya yang harus saya keluarkan , tolong di beri rinciannya dengan Biaya , STD , Medium

    Terimakasih

    [Reply]

    bena Reply:

    pak, saya mau membuat lantai 2 dengan ukuran 6 X 8 blm ada cakar ayamnya, rencana lantai 2 nya memakai lantai dari papan kayu jati, tolng buatkan RABnya Pak, terima kasih.

    [Reply]

  2. ekoyudhanarto on July 10th, 2008 7:24 am

    Hi,
    wah saya ketolong banget dgn adanya website ar-chi-tect, karena nambah ilmu.
    saya berencana ingin renovasi rumah saya dgn menambah lantai. 50% dari bangunan yg ada diatas kamar yg sekarang dan ruang tamu.

    pertanyaannya apakah tiang konstruksi beton perlu diperkuat? bagaimana caranya?

    thanks
    and regards
    eko

    [Reply]

  3. andie on July 12th, 2008 7:52 am

    buat pak Toni: biaya untuk renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai (semua sudah pakai pondasi cakar ayam) saat ini per m2 memang bervariasi, dan tergantung pada material dan harga pasaran setempat. Saya ambil contoh di semarang saat ini, harga berkisar antara 2-3jt rupiah per m2 untuk renovasinya.
    buat pak Eko Yudhanto: apakah tiang konstruksi beton perlu diperkuat? bagaimana caranya? Jawabannya ya perlu pak, untuk kekuatan struktur. Biasa menggunakan sistem suntik, atau menambah pondasi yang sudah ada. karena biasanya rumah tipe standar dari developer adalah bangunan yang diperuntukkan hanya untuk 1 lantai, terkecuali pada tipe-tipe khusus (yang memang sudah dijual dua lantai).

    [Reply]

  4. Yoni on August 19th, 2008 7:59 am

    Selamat sore,

    Saya memiliki rumah type 36/72 dengan sisa tanah kosong di bagin belakang seluas 9 m2(3 x 3 m). Saya bermaksud menambah ruangan dengan dak beton di halaman belakang rumah saya tersebut dengan dinding bata merah. Bagian atas akan digunakan sebagai tempat menjemur pakaian dan tanki air 500 liter, sedangkan bagian bawahnya akan digunakan sebagai dapur. Kira2 berapa biaya untuk membuat ruangan tersebut, termasuk membuat pondasi cakar ayam dan memberi keramik pada lantai dapur tersebut.

    terimakasih.

    [Reply]

  5. ferdian on October 22nd, 2008 3:04 am

    Ass Wr wb

    Saya mohon pertimbangannya, saya baru membeli rumah RSH dgn type 22/72, saya ingin menutup bagian belakang + ruang dapur kira-kira berapa biaya minimal yang harus dimiliki?

    Terimakasih

    [Reply]

  6. Boma purwanto on January 3rd, 2009 1:48 pm

    Salam ,

    dikarenakan akan ada rencana penambahan jumlah anggota keluarga ,Saya berencana merenovasi rumah saya yang saat ini saya tinggali LT 75 ,LB 45 , kondisi waktu saya beli tidak ada kelebihan taman dibelakang rumah dan taman didepan rumah sudah saya rubah menjadi carport tambahan ,kamar ada 2 .
    Yang saya igin adalah menambah lantai 1 1/2(satu setengah) lantai sehingga saya bisa mempunyai 4 kamar(1kmr dibawah+3kmr diatas) dan setengah bangunan lagi diperuntukkan untuk cuci dan jemur .
    saya sangat senang sekali jika bisa dibantu untuk detil denah(layout) yang sekirannya pantas,fungsional tanpa mengurangi estetika rumah tinggal, dan juga rekomendasi orang terpercaya yang bisa mewujudkan keinginan saya .

    Best Regard

    Boma purwanto
    http://bomacraft.blogspot.com

    [Reply]

  7. nurul on February 11th, 2009 3:37 am

    thx a lot….atas tips nya….

    [Reply]

  8. hans on March 9th, 2009 4:16 am

    Mas saya ada rumah ukuran 70m2, saya perlu renovasi atap keseluruhan dan kusen2 jendela dan pintu, kira2 brp yaa biayanya jika saya pakai bahan2 second yg msh bagus khusunya kusen2?? terima kasih

    [Reply]

  9. Rukun.S on April 9th, 2009 4:33 pm

    Salam kenal..

    Terima kasih atas tipsnya…. sekalian mo tanya jg.
    - kalau ada perubahan-perubahan perencanaan bagaimana ya? penambahan biaya yang tak terduga berapa persen (%) dari TOTAL.
    - Mungkin Bapak/Ibu pernah dapat client yang sedikit “rewel” meminta Anda untuk merubah disana-sini. Bagaimana menyiasati biaya-2 seperti ini, atau adakah Trik-2 lainya, mohon di share.

    Thank’s

    [Reply]

  10. pak tukang on April 21st, 2009 6:02 am

    klien yg sedikit rewel, menyiasati nya gampang pak, kalo kebangeten ya tinggalin aja, he he he….

    [Reply]

  11. architect on April 21st, 2009 10:15 am

    Pak Rukun yang sedang bingung,
    perfeksionisme adalah keyakinan bahwa seseorang harus jadi sempurna,
    mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. Perfeksionis adalah orang yang memiliki pandangan perfeksionisme.

    Perfeksionisme dapat menyebabkan seseorang memiliki perhatian berlebih terhadap detil suatu hal dan bersifat obsesif-kompulsif , sensitif terhadap kritik, cemas berkepanjangan, keras kepala, berpikir sempit dan suka menunda. Hal-hal yang dapat menghambat keberhasilan dalam hal apapun.

    Orang yang potensial namun perfeksionis akan terhambat kemampuannya. Hasrat menciptakan produk adalah hal yang perlu, namun seorang perfeksionis akan menemukan banyak rintangan yang sama sekali tidak perlu.

    Saya akan mengaitkan seluruh jawaban saya ini dalam konteks konstruksi,
    walaupun prinsipnya dapat diterapkan pada semua hal.

    Daripada terobsesi pada kualitas konten dengan “memoles” ulang pekerjaan konstruksi yang sama berkali-kali sampai banyak membuang waktu, lebih baik selesaikan konstruksi tersebut dan terima apa adanya.

    Anda tidak harus menjadi kontraktor terbaik di dunia. Jangan sampai harapan/pandangan dari orang yang akan anda layani menjadi beban mental yang sebetulnya mungkin hanya ada dalam pikiran sendiri

    Masalah perfeksionis adalah tindakannya yang cenderung suka menunda-nunda
    dan akhirnya capai sendiri. Obsesinya akan kesempurnaan menjadi beban
    pikiran dan meletihkan perasaannya. Orang perfeksionis akan cepat kehabisan energi karena terus cemas tentang bagaimana menyempurnakan pekerjaannya atau berpikir seandainya dulu saya begini atau begitu.

    Demikian yang dapat disampaikan,

    salam
    AW

    [Reply]

  12. iiq on April 29th, 2009 1:23 am

    Pak, saya mau bangun tanah kosong di samping rumah saya dengan ukuran 2,2m x 10m dengan dak cor. Lantai bawah untuk 1 Kamar pembantu plus KMnya dan dapur, lantai atas untuk jemuran dan tangki air 1000 L. Kira-kira berapa ya biaya yang saya siapkan? Terima kasih pak atas bantuannya.

    [Reply]

  13. Felicia on May 3rd, 2009 5:49 am

    Saya berencana mau bangun rumah luas 58 m2. Rencananya mau bangun beton dan fondasi cakar ayam. Lokasi rumah di Jakarta Barat. Konsep rumah minimalis aja, gak ribet2.
    lantai 1 : 1 ruang tidur, ruang makan,dapur dan toilet dan ruang duduk
    lantai 2 : 2 ruang tidur, toilet dan 2 ruang duduk
    bisa bantu info mengenai biayanya dan cara ngurus IMbnya? dan barangkali gambar arsitekturnya.
    Bila mungkin, di halaman depan ada sekitar 3 m, ada taman kecil untuk pohon atau tanaman lain.
    Trims untuk infonya sebelumnya.

    Felicia

    [Reply]

  14. Jeffry Saputra on May 5th, 2009 8:55 am

    Salam

    Saya lagi bingung untuk membuat rumah yang biasa biasa aja, karena dana pas pasan. Saya punya tanah 100m2, saya ingin bangun rumah LB.36/100 yaitu :

    - 1 Kamar Tidur ukuran 3×4
    - 1 kamar mandi+tempat cuci pakaian+ada mesin cucinya
    - 1 Dapur+tempat cuci piring
    - Ruang Tamu
    - Ruang Keluarga

    Di tanah 100m2 ini juga nantinya dapat dikembangan untuk 1 kamar tidur dan 1 tempat kerja.

    Terima kasih untuk semuanya.

    SALAM

    [Reply]

  15. izin on May 11th, 2009 4:35 am

    bozz…izin masukin perhitungan dasar RAB dan Spiritnya ke blog saya. thx

    [Reply]

  16. Rokhmad T. on June 13th, 2009 12:28 pm

    Ass.
    saya pny rumah type 29/66 dan bermaksud menutup/membangun lahan kosong dibelakang uk. 3mx6m. Rencana struktur bangunan disiapkan bertahap, tahap awal 1 lantai untuk dapur, tahap kedua untuk buat kamar di lantai atas. mohon bantuan membuat RAB untuk tahap awal kira-kira berapa habis material, spy tahap berikutnya tinggal membuat lantai 2. atas bantuannya saya ucapkan BTK.
    Wass.

    [Reply]

  17. nanang sp on June 21st, 2009 3:24 pm

    pak, tolong saya , saya membeli rumah RSH TYPE 24/72,Saya ingin menutup ruang belakang menjadi 1 ruang dapur dan 1 kamar tidur anak,berapa ya biayanya,,,atas perhatiannya terima kasih..

    [Reply]

  18. Teti Rachmawati on June 23rd, 2009 3:51 am

    Saya akan merenovasi rumah dan ingin menbuat lantai 2 dengan luas 36 m2. fondasi sudah cakar ayam, rencananya untuk membuat satu kamar mandi tanpa closet, ruang tanpa sekat, bahan material sederhana, kira-kira berapa biaya yang harus disiapkan ya? terima kasih

    [Reply]

  19. ika on July 6th, 2009 4:28 am

    Saya ingin renovasi rumah yang bocor2 karena sangat parah antara lain
    untuk lantai bawah :

    1. eternit di ruang makan dan kamar pembantu roboh dan di atasnya
    adalah tempat nyuci dan kamar mandi.

    2. Bocor kamar tamu dan garasi karena di atasnya adalah 2 kamar mandi
    berdampingan

    3. Ruang Tamu sampai teras dan pintu sudah berlumut sehingga Gypsum

    [Reply]

  20. ika on July 6th, 2009 4:32 am

    Kamar anak saya di atas juga bocor jadi saya bingung harus berapa biaya yang saya keluarkan, karena takut dibohongi, jadi takut tukang ato yang betulin rumah ku membohongi ku sehingga uang keluar sangat besar sedangkan kualitas sangat buruk.

    tks. Wass-ika

    [Reply]

  21. Fian on July 25th, 2009 6:21 am

    Saya berencana ingn merenovasi rumah BTN type 29/72, di lantai 1 sudah ad ruang tamu,kamar tdr 2,WC,dapur,sdgkan di lantai 1 terlht sempit+pengap/gelp,dan brencna di gnti menjdi ruang tamu,ruang klrga+meja mkn,dapur,WC, sdgkn,lantai 2 msh kosong baru stghnya di cor,rencnanya sy jg ingn menambh kmr tdr 3: kmr utama,kmr ank 2,WC,tmpt jmurn,

    sy ingn membuat rumah minimalis,pertnyaan sy kira” total biaya renovasi suluruhnya lantai 1+2 brp?bgmn crnya agar ruangan trlht luas/tdk gelap?

    Thx..

    [Reply]

  22. uzair on August 10th, 2009 4:46 am

    Tolong saya pak…
    Rumah saya ukuran 6×6 m. 2 kamar berjajar bagian kamar berukuran 3x3m .saya berencana ingin meneruskan bangunan yang telah ada terutama di bagian kamar yang berukuran 3×6 m ( 2 kamar ) dengan desain 2 lantai tapi pondasinya nggak pakai cakar ayam, pondasi cor yang bagian bawah persis di atas batu kali setinggi 50 cm. terima kasih atas perhatiannya

    [Reply]

  23. dhon on August 13th, 2009 5:48 am

    saya akan merenopasi rumah type 45/100m2,majadi 2 lantai sudah ada yang tinggal di rumah itu.pondasi tabahan dibelakang rumah sudah cakar ayam.Saya bingung bagamana akan memulainya dan berapa biayanya

    [Reply]

  24. wahid on August 15th, 2009 6:19 pm

    tertarik neeh dengan perhitungannya. sementara saya lagi bingung mau renovasi karena bentuk tanah yang agak kurang menguntungkan. dengan lebar 12 m dan panjang 10 meter. sementara penginnya punya ruang terbuka di belakang. bagaimana saya bisa konsultasi gambar ya? berapa feenya? suwun

    [Reply]

  25. denny on August 19th, 2009 5:42 am

    Pak mohon bantuan,

    saya mau buat tandon air, tapi tanki udah udah punya 2 buah, kira2 cara hemat dan kuat pakai besi + las dibuat menara atau pake cor ya? gimana dengan pondasinya ? cukup dengan tatanan bata aja?
    kira kira berapa biaya nya? saya tinggal di kota Kudus, harga mirip2 ama semarang kan….

    tinggi menaranya kira2 berapa meter supaya kuat untuk narik otomatis heater gas ?

    terima kasih sebelumnya
    salam,
    denny

    [Reply]

  26. Yopi on August 23rd, 2009 3:13 pm

    Selamat malam tim ar-chi-tect,
    Saya membeli rumah second dgn luas tanah 106 m2, satu lantai setengah dengan lantai atas adalah kayu yang sudah keropos.
    Saya berniat untuk merenovasi dengan kebutuhan ruang: 3 kamar tidur+1 kamar tidur pembantu (kamar tidur utama ada kamar mandi dalam), ruang praktek, ruang lain standar. Model rumah minimalis.
    Berapa biayanya? Bisa dapat harga penawaran dan desain sementara? Terima kasih.

    [Reply]

  27. Yopi on August 23rd, 2009 3:13 pm

    Selamat malam tim ar-chi-tect,
    Saya membeli rumah second dgn luas tanah 106 m2 (5×20 m), satu lantai setengah dengan lantai atas adalah kayu yang sudah keropos.
    Saya berniat untuk merenovasi dengan kebutuhan ruang: 3 kamar tidur+1 kamar tidur pembantu (kamar tidur utama ada kamar mandi dalam), ruang praktek, ruang lain standar. Model rumah minimalis.
    Berapa biayanya? Bisa dapat harga penawaran dan desain sementara? Terima kasih.

    [Reply]

  28. liana on November 14th, 2009 12:33 pm

    Selamat malam tim ar chi tect

    Saya membeli rumah sederhana dengan sistem indent 6 – 8 bulan dengan ukuran 8 x 15 m. Rumah standar developer yang saya dapatkan terdapat kelebihan tanah berukuran 3,550 m x 8 m yang dapat berfungsi sebagai halaman. Akan tetapi saya ingin kelebihan tanah tersebut untuk dijadikan ruangan atau sambungan kamar supaya lebih luas.

    Yang saya ingin tanyakan sebaiknya saya renovasi dari developer sebelum dibagun sehingga tidak ada perombakan lagi, atau setelah jadi dalam bentuk standar baru saya rubah? KArena dana saya terbatas maka kalau lewat developer yang saya khawatirkan mahal. MOhon sarannya pak.kira2 berapa kisaran harganya? kr saya tidak punya pengalaman dalam hal renovasi rumah dan ini adalah rumah pertama saya. Trima kasih sebelumnya.

    [Reply]

  29. smt on February 9th, 2010 12:28 pm

    Pak mohon bantuannya.

    saya mau menambahkan bangunan bagian belakang rumah dengan ukuran P = 7.5 Meter, L = 6 Meter. ( hanya satu lantai karena lahan kosong )karena mau dibuat dak beton. berapa besi yang harus dipakai? ukurannya besi diameter berapa? semen berapa? pasir berapa? batu kerikil/split berapa?

    atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    tolong di kirim via email : smt_gue@yahoo.com

    smt

    [Reply]

  30. lilis on February 20th, 2010 3:42 am

    salam,
    saya punya rumah di BTN luas rumah 60 m², dah full bangunan, saya rencana mau renovasi total, dan ingin saya tingkat 2 lantai, di bawah rencananya saya mau pakaei buat usaha warnet dan garasi mobil.untuk lantai 2 baru buat kamar2,dan kamar mandi dan dapur….kira kira butuh dana berapa ya…soalnya saya awam tentang renovasi tsb.dan kemungkinan besar harus pondasi ulang karena pondasi BTN gak kuat (bangunan asal jadi)

    mohon saran nya
    thanks

    [Reply]

  31. Dama on March 4th, 2010 6:53 am

    Siang Pak Arsitek,

    Saya bermaksud ingin renovasi rumah. LB = 9m2 X 10m2

    Item renovasi adalah sbb :

    1. Tinggi rumah (dari lantai sampai dengan eternit) akan ditinggikan setinggi 70 cm.

    2. satu per tiga bagian rumah yaitu 3m2 X 10m2 akan di dak tetapi belum diberi bangunan atasnya. Hanya sebatas di dak dulu. Jadi sisanya (dua per tiga bagian rumah) itu bergenteng. Pondasi belum cakar ayam.

    3. Genteng ganti.

    4. Rangka ganti rangka baja (hanya untuk dua pertiga bagian rumah yang bergenteng saja)

    Berapa kira2 harga estimasi dan berapa uang yang harus saya persiapkan agar renovasi tersebut tidak berhenti di tengah jalan?

    Mohon sekali informasinya.

    Terima Kasih

    Dama

    [Reply]

  32. melyha on March 13th, 2010 7:09 am

    SAYA MAU TANYA TENTANG BIAYA PENGECETAN RUMAH PERUMAHAN YG KECIL DAN GANTI KERAMIK DAPUR YANG BERUKURAN 3X2,5 METER BERAPA YA?

    [Reply]

  33. annataa on March 26th, 2010 7:39 am

    Dear Pak Arsitek,

    Saya bermaksud menambah ruangan ukuran 5 x 7 m 2, ditambah lantai atas dengan ukuran yang sama serta atasnya dibuat dak bukan atap genteng. Kira-kira biayanya berapa ya Pak ? Thks

    [Reply]

  34. fahrudin on April 6th, 2010 4:46 am

    Dear pak andrie,

    mohon bantuan simulasi/ perhitungan anggaran untuk renovasi rumah
    untuk Ukuran luas bangunan sebesar 110m2
    yg ingin saya renovasi .
    yaitu :
    - bagian atas bangunan dibuat untuk lt 2
    - bagian bawah 1 kamar tidur , ruang tamu & kamar mandi

    terima kasih

    fahrudin

    [Reply]

  35. Iman on April 20th, 2010 10:15 am

    Dear Pa Arsitek,

    Mau tanya kalo bangun rumah petak utk kontrakan uk 3x12m dengan bahan dari batako , atap asbes, keramik kw2 + intalasi listrik + air + septitank. Diborongin berapa per m2? Kalo bangun lebih banyak rumah petaknya apakah biaya dapat di tekan lagi. Mohon advisenya. Thanks

    [Reply]

  36. Elang Jaka on May 3rd, 2010 9:53 am

    Terimakasih Bt Infonya, ini sangatbermanfaat.

    [Reply]

  37. Liena aifen on May 23rd, 2010 5:50 pm

    saya benar2 terbantu atas saran dan petunjuk nya terima kasih

    Liena Aifen

    [Reply]

  38. Rina Nofiyanti on May 29th, 2010 2:44 am

    Saya memiliki rumah type 36/78 dengan sisa tanah kosong di bagin belakang seluas 9 m2(3 x 3 m). Saya bermaksud menambah ruangan dengan dak beton di halaman belakang rumah saya tersebut dengan dinding bata merah. Bagian atas akan digunakan sebagai tempat menjemur pakaian dan tanki air 500 liter, sedangkan bagian bawahnya akan digunakan sebagai dapur. Kira2 berapa biaya untuk membuat ruangan tersebut, termasuk membuat pondasi cakar ayam dan memberi keramik pada lantai dapur tersebut.

    [Reply]

  39. ika on June 13th, 2010 5:11 am

    pak, sy mau membangun rumah diatas tanah seluas 8 x 16.5, yg terdiri dr ruang tamu, 2 kmr tidur, 1 mr pembantu dan 2 kmr mandi. sy ingin ada taman di dlm rumah. mhon bantuan gambar dan estimasi biayanya. trimakasih

    [Reply]

  40. khoiril anwar on June 16th, 2010 4:18 am

    pak,
    saya pengin menambah dapur tipe rumah saya 30/78 trus sisa tanah dibelakang adalah 21.6 m2, 6×3.6 rencananya akan dibuat dak biar kalau nanti pengin buat kamar nggak repot lagi kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan pak, saya di bekasi utara jawabarat mohon bantuannya

    mohon dihitungkan RABnya
    1. untuk dak dan tangga 21. 6 mtr
    2. tiang tambahan + cakar ayam 6 buah
    3. dinding batu bata 31.6 mtr
    4. plapon
    5. lain-lain

    [Reply]

  41. RISNA on July 12th, 2010 2:48 pm

    dear pak arsitek

    saya punya rumah type 27/60, dibelakang ada tanah kosong ukuran 5×3 dengan atap yang masih terbuka,rencana akan saya buat dapur dan tempat cuci baju,tapi saya bingung dengan tempat yg kecil spt itu bagaimana desain yg bagus dan berapa biayanya, mohon bantuanya

    thanks

    [Reply]

  42. Titin on July 19th, 2010 8:30 am

    Pak.

    Saya baru saja membli rumah mungil, tipe 22/72 saya mau merenovasi total dengan pondasi bata dan atap baja ringan, 1 lantai terdiri dari 1 KT utama dan 1 KT anak. bethroom yg nyaman. kira2 membutuhkan anggaran dana berapa yah pa.

    Terima kasih atas jawabannya.

    Salam

    [Reply]

  43. agus bimo on July 30th, 2010 10:16 am

    Selamat sore,

    Saya baru membeli rumah BTN type 22/72, saya ingin tutup belakang, brp biaya nya pak….?
    kondisi skr sudah ada tembok menutupi tingginya 2 meter menggunakan batako, luas area belakang rumah 4 x 6 meter.

    Tks
    bimo

    [Reply]

  44. susanto on August 11th, 2010 5:04 am

    saya ingin meronovasi rumah saya yang di pekalongan menjadi dua lantai dengan luas bangunan 10m x 11m, mohon bantuannya untuk menghitung RAB :
    1. untuk dak dan tangga
    2. tiang tambahan
    3. lain-lain

    [Reply]

  45. yanti on August 14th, 2010 6:51 pm

    pls help team arsitek, saya beli rmh type 42/90, dan ingin mengisi kelebihan tanah belakang luasnya sekitar 36 m2 dengan, ruang cuci, kamar mandi, kmr pembantu, juga mmprbaiki dapur yang sdh ada, berapa estimasi biayanya? Dan lbh nurah borongan atau bayar buruh harian? Thanx

    [Reply]

  46. nuryanto on August 16th, 2010 5:08 am

    pak saya di bNJARBARU KALIMANTAN SELATAN, BERMAKSUD MENGUBAH tipe 36 standar jd tipe 100 YANG MODEL MINIMALIS, mhon petunjuk kira2 berapa habisnya

    [Reply]

  47. arta on September 17th, 2010 3:59 am

    Informasi yang saya yakin sangat berguna bagi banyak orang.
    Kebetulan saya sendiri berkecimpung dalam pekerjaan semacam itu, yaitu memberikan berbagai tawaran produk sekaligus aplikasinya pada sebuah rumah. Yang saya tawarkan adalah proteksi rumah dari kebocoran sekaligus panas udara sehingga suhu di dalam rumah anda dapat diturunkan. Kalaupun anda sekarang memakai AC, maka kerja AC anda dapat lebih ringan dan biaya listrik pun akan lebih ringan. Saya bisa dihubungi di 08138 7475 084 atau 021-36963459. Terima kasih.

    [Reply]

  48. Bunda kayla on September 21st, 2010 5:53 am

    Selamat siang,

    Rencananya saya mau merenovasi rumah saya dan ingin menbuat lantai 2 dengan luas 40 m2. Lantai 1 sebelumnya terdapat 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang makan dan dapur, saya pengen merubahnya menjadi 1 kamar tidur dengan kamar mandi didalam, 1 ruang tamu, dapur yang menjadi satu dengan ruang makan. Lantai 2 rencananya saya ingin membuat tambahan 2 Kamar tidur, tempat jemuran, 1 kamar mandi dan ruang keluarga, kira-kira berapa biaya yang harus disiapkan ya? terima kasih sebelumnya.

    [Reply]

  49. anna on September 22nd, 2010 7:47 am

    pak saya rencananya mau renov tanah kosong dibelakang rumah ukuran sisi kiri&kanan 3m lebar 6 m menjadi ruang makan dan dapur,tapi dinding belakang mau dibiarkan terbuka,dinding kiri dan kanan masih 1 dinding dengan tetangga(btn) jadi mau dibuat double dinding tapi batako saja dengan pondasi yang bisa dikembangkan kelak menjadi 2 lantai .mohon bantuannya untuk menghitung biaya yang harus disiapkan

    [Reply]

  50. Bambang Prihartono on September 24th, 2010 2:29 am

    Saya mau tanya pak, berapa biaya tukang per hari, dibandingkan dengan borongan mana yang lebih murah ?

    [Reply]

  51. Dina on October 3rd, 2010 8:57 am

    dear pak arsitek… saya baru beli rumah uk. 36/40… dibelakang rumah tersisa 1x3m & 2x3m jd totalnya 9m. rencananya lahan tsb mau sy bangun untuk cuci baju dan dapur. atapnya mau sy cor karna diatas itu mau digunakan sbg tedmon 500ml dan tempat menjemur pakaian… mohon diberikan RAB nya. thx

    [Reply]

  52. Sihol Edison on October 12th, 2010 5:16 pm

    Pak,

    Aku tinggal di Medan – Sumatera Utara dan saat ini sudah memiliki rumah sendiri.

    Apakah bapak punya relasi di Medan ini yang bisa membantu saya untuk renovasi rumah?

    edison

    [Reply]

  53. IMAN SUHADHA on October 14th, 2010 3:19 am

    Selamat Siang Pak

    Saya baru beli rumah Type 45/92.Saya ingin bangun belakang
    mungkin 3 X 3 M sisa tanahnya.
    Apa sebaiknya untuk membangun tapi biaya bisa minim karena budget saya hanya 5 ~ 10 juta saja.
    Apakah menggunakan bata Hebel bisa cost down ?
    Kalau di buat 2 lantai, sisa tanah tsb kira kira berapa lg penambahan biayanya ? saya berpikir mengunakan Bata hebel lantai, apakah bisa menghemat biaya ? lalu untuk rangkap atap nya kira kira butuh dana berapa yg sy keluarkan ? apakah menggunakan rangka atap baja ringan atau sebaiknya pakai kayu kaso saja ?
    Kalau estimasi bapak kurang lebih berapa biaya yg harus saya siapkan ?
    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya

    Salam
    Iman.S

    [Reply]

  54. hiday on October 14th, 2010 12:26 pm

    dear Mr.Architect
    saya mau merenovasi bagian belakang rumah 24M2 menjadi 2 lantai, utk jemuran dan km pembantu. Saya repot kalau harus pindah rumah selama proses renovasi (beton), jadi ada ide utk membuat lantai atasnya berbahan kayu. Apakah kuat? kayu apa yg kuat utk itu? kira2 lebih irit pakai kayu atau beton? bagaimana dgn hebel? katanya bisa 2 hari selesai apakah benar? apa kelebihan n kekurangannya? thx berat ya… :)

    [Reply]

  55. sabur on October 17th, 2010 2:17 pm

    Salam kenal.Kami mempunyai rumah tipe 36/123 terdiri dari 2 km.tidur,1 km.mandi. Rumah kami di berada di sudut &daerah yg berbukit. Ingin nanya brapa ya biaya renov rumah kalo saya ingin meningkatx? 1 km tidur di lt bawah akan saya bongkar dan ditambah ke samping u menjadi dapur dll.Bekas dapur akan sy jadikan ruang keluarga & tangga ke lt 2.Lantai atas rencanax mau dibikin 3 km tidur 1 km + musholla/perpustakaan.tks

    [Reply]

  56. Lukisan Minimalis on November 15th, 2010 4:50 am

    Trims atas artikel info ny mas,,,salam kenal

    [Reply]

  57. Nurul Alifa on November 16th, 2010 5:53 am

    Assalammu’alaikum Wr Wb,

    saya baru saja mengambil rumah KPR BTN tipe 22/66 dengan kondisi ready ruang tamu + km mandi + 1 km tidur dan bermaksud menutup/membangun lahan kosong dibelakang uk 3mx6m. Rencana pembangunan dilakukan bertahap, tahap awal lantai 1 untuk dapur & tambahan 1 kamar, tahap kedua untuk buat kamar di lantai atas. mohon bantuan membuat RAB untuk tahap awal kira-kira berapa biayanya agar tahap berikutnya tinggal membuat lantai 2. atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

    Salam,
    Nurul Alifa

    [Reply]

  58. windi on November 19th, 2010 7:01 am

    Pak …
    Saya mau tny …. rmh saya RSH 29/72 untuk biaya menutup bagian belakang rmh perkiraan brp ya ? rencana sisa tanah buat dapur dan atas didak cor buat tempat jemuran dan tanki air.
    terima kasih atas jawabannya

    [Reply]

  59. Abu faza on November 25th, 2010 12:56 am

    Makasih info-nya pak, sangat bermanfaat & membantu kita yang berencana renovasi rumah..
    Salam kenal..

    [Reply]

  60. anti on November 25th, 2010 6:14 am

    saya pengen banget renovasi rumah, karena menurut cerita rumah yang saya tinggalin belum pernah direnovasi selama 20 tahunan, dan daerah rumah termasuk rawan banjir.Rencana renovasi bentuk minimalis dengan Luas tanah 102 m2, cakar ayam, 2 Lantai. Lantai 1 : 1 kamar utama (terdapat kamar mandi didalam kamar), ruang tamu,ruang keluarga,mushola,dapur, 1 kamar mandi tamu, 1 kamar pembantu & kamar mandi, 2 tangga menuju lantai 2 dari dapur runga tamu, garasi. Lantai 2 : 2 kamar untuk anak (satu kamar mandi, 1 kamar tamu,ruang belajar/keluarga. minta tolong dihitungin anggaran renovasi,namunn dengan budget minim, karena alokasi anggaran dari pinjaman bank. terima kasih.

    [Reply]

  61. INDRO CKA on November 29th, 2010 6:22 am

    assmk. salam kenal ,,baru-baru ini saya beli rumah tipe 29/60 dengan 2 kamar dan halaman dapur belum ditutup.mungkin untuk biaya yang ingin saya tanyakan adalah berapa ya biaya yang harus dikeluarkan ??? dan model depan teras yang bagus seperti apa ya.Trima kasih sebelumya? mohon jawaban ke Email saja.trimz

    [Reply]

  62. ade nasty on December 15th, 2010 5:04 am

    Dear Architech

    Saya ingin merenovasi rumah saya yg ukurannya 21×72,
    Yg saya inginkan adalah membuat teras( tanah 6x 3.5m 2) yg atapnya dicor & model minimalis & dibelakang masih ada tanah tersisa 6x5m2, dan dibelakang ini ingin saya buat 2 lantai yg fungsinya sebagai kamar pembantu, tempat nyuci & jemur pakaian ( lantai atas), lantai bawah saya hanya ingin menambah satu kamar anak, dapur & ruang keluarga
    Berapa kira-kira biaya yg dibutuhkan

    terimakasih
    ade.nasty@gmail.com

    [Reply]

  63. yanti on January 14th, 2011 3:22 pm

    mohon bantuannya,sy membeli rumah kpr tpe 27/75 sisa tanah bagian belakang sdh sy tutup tembok tinggi 2mt.rencana mo sy bangun bertahap sy mo buat dapur sm didak
    dl ama lantai keramik kira RABnya brapa ya,thx

    [Reply]

  64. sapta on January 22nd, 2011 4:32 pm

    pak arsitek.
    saya punya rumah tipe 36/84 sisa bangunan dpn 4.5, blkang 2,5m dan samping 1 m
    saya kepingin di rubah jadi 2 lantai denagn komposisi 3 km tidur, 2kamar mandi dan satu kamar mandi dalam, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan istimasi biayanya kira2 brp? per meternya???/
    trims

    aji

    [Reply]

  65. Dita Marta on February 23rd, 2011 9:06 am

    Saya memiliki rumah type 28/136. Ada sisa tanah kosong di bagian belakang seluas 3 m x 5,25 m. Saya bermaksud menambah ruangan dengan dak beton di sisa lahan tersebut dengan dinding bata merah. Bagian atas akan digunakan sebagai tempat menjemur pakaian dan tanki air 500 liter. Adapun bagian bawahnya akan digunakan sebagai dapur. Kira2 berapa total biaya untuk membuat konstruksi pekerjaan tersebut? Termasuk memberi keramik pada lantai dapur tersebut.Terima kasih banyak.

    [Reply]

  66. Dina on February 28th, 2011 9:26 am

    selamat sore ….
    saya merencanakan renovasi rumah type 21/66 m dikarenakan akan ada rencana penambahan jumlah anggota keluarga , kondisi waktu saya beli tidak ada kelebihan taman dibelakang rumah dan taman didepan rumah sudah saya rubah menjadi carport tambahan ,kamar ada 2 .
    Saya ingin menambah lantai 1 1/2(satu setengah) lantai sehingga saya bisa mempunyai 4 kamar(1kmr dibawah+3kmr diatas) dan setengah bangunan lagi diperuntukkan untuk cuci dan jemur .
    saya sangat senang sekali jika bisa dibantu untuk detil denah(layout) yang sekirannya pantas,fungsional tanpa mengurangi estetika rumah tinggal, serta RAB untuk renov rumah dimaksud.
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Best Regard

    [Reply]

  67. [ACR] AyoCariRumahDotCom on March 3rd, 2011 9:32 am

    Tulisannya bagus-bagus…Informasi yang sangat bermanfaat!!!
    Semoga dimudahkan jalannya dan sukses selalu…!!! [ACR]

    AyoCariRumah.Com
    Bursa | Berita | Tabloid | Konsultasi | Tips&Tricks | Kos | Backlink Checker

    [Reply]

  68. prasetyo aditomo on March 11th, 2011 3:35 pm

    Dear,architech
    Saya mempunyai rumah tipe 39/72m2(6x12m),ingin merenovasi rumah dg cara membuat jd 2 lantai dg tambahan luas di atas hanya (6x5m)30m2(setengah rumah di cor)di lt 2 ingin ada 1 kamar tidur utama,1 kamar tidur pembantu,tempat utk jemuran.ingin menanyakan berapa biaya yang harus saya sediakan?biaya per m2 yg harus dikeluarkan utk renovasi?rumah asli belum di kasih sepatu ditiap kolomnya.
    terimakasih.

    [Reply]

  69. wilman on March 14th, 2011 5:46 am

    salam pa andi, mau nanya, berapa biaya untuk renovasi rumah jadi dua lantai dengan luas : panjang 15 meter lebar 4 meter, luas tanah saya 120m persegi dengan design kira2 seperti ini
    http://disegnare.wordpress.com/2010/10/05/renovasi-rumah/?preview=true&preview_id=27&preview_nonce=c2f7038725

    [Reply]

  70. Condro on March 14th, 2011 11:35 pm

    saya ingin merenovasi rumah saya…
    rumah saya 100m dari pantai,kanan kiri belakang rumah saya terhimpit bangunan orang jadi sangat panas.saya ingin pengembangan keatas.
    bagaimana pembuatan pondasi dan strukturnya?
    trims..

    [Reply]

  71. Manullang on March 22nd, 2011 6:41 am

    Saya ada lahan kosong 3×5. Saya bermaksud menambah membuat dak cor untuk tangki air 2×600 L bawahnya untuk dapur dan ruan makan. Kira-kira berapa biaya yang harus saya siapkan. Terima kasih atas bantuannya.

    [Reply]

  72. elfrida on April 6th, 2011 7:22 am

    Dear,architech
    saya baru saja mengambil rumah KPR BTN tipe 28/72 dengan kondisi ready ruang tamu + km mandi + 1 km tidur dan bermaksud menutup/membangun lahan kosong dibelakang dan samping sebelah kanan uk 12mx3m. Rencana pembangunan dilakukan bertahap, tahap awal lantai 1 untuk dapur & tambahan 1 kamar tidur+kamar mandi dalam,kamar mandi, tahap kedua untuk buat 2 kamar tidur, kamar mandi, tempat cuci & jemur, lantai atas. mohon bantuan membuat RAB untuk tahap awal kira-kira berapa biayanya atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

    Terima kasih.

    [Reply]

  73. meila on April 21st, 2011 7:12 am

    Saya baru beli rumah tipe 22/72. halaman depannya lumayan agak terjal ( bangunan lebih tinggi dari jalan ). gimana ya desainnya agar terlihat bagus dan aman untuk si kecil? trs kira2 RAB nya berapa ditambah dengan pembuatan dapur dan kamar 1 lagi di belakang?

    thanks,

    [Reply]

  74. Eddos on April 29th, 2011 5:46 am

    Hallo Pak,

    Begini, Saya memiliki rumah Lantai 1 yang sudah siap struktur dan dag nya untuk di tingkat 2. Rencananya saya ingin melanjutkan lantai 2nya segera, hnya saja saya tidak tau berapa estimasi biaya yang akan keluar untuk membangun itu..Paling tidak untuk struktur pokoknya ( tanpa acessories nya).Bisa dibantu ngga pak utk memberikan saya bayangan berapa biaya yang saya butuhkan? untuk diketahui informasi mengenai rumah saya tersebut : 1. Sudah di Dag, jadi bisa langsung naek Bata. 2. Luas lantai 2 yang akan dibangun sekitar 80 m2 ( ada void seluas 4×5 m )

    Demikian dari saya..terimakasih

    Eddos

    [Reply]

  75. ardes on May 12th, 2011 3:53 pm

    pak, saya mau nanya, saya mau renovasi rumah luas lahan yang mau dibagun 4×4,5m, lantai satu mau dibangun dapur 4×3,5m , 1x1m dan lantai dua 3,5×3,5m, kira2 berapa biaya semuanya, pondasi cakar ayamnya sudah ada 3 tiang.mohon bantuannya, trims

    [Reply]

  76. ardes on May 12th, 2011 3:54 pm

    pak, saya mau nanya, saya mau renovasi rumah luas lahan yang mau dibagun 4×4,5m, lantai satu mau dibangun dapur 4×3,5m , 1×1m kamar mandi dan lantai dua 3,5×3,5m, kira2 berapa biaya semuanya, pondasi cakar ayamnya sudah ada 3 tiang.mohon bantuannya, trims

    [Reply]

  77. Jasa Renovasi Rumah on June 1st, 2011 8:28 pm

    Tips nya bagus banget.
    Penghitungannya cermat. harus diketaui publik biar tau gimana cara ngitung RAB.

    [Reply]

  78. puji on June 3rd, 2011 9:51 am

    Selamat pagi,

    kira – kira renov rumah ukuran 7 x 16 m, utk belakang 7 x 7 m sudah cor , utk nyambung depan lantai 1 dan 2 biaya keseluruhan kira 2 berapa yach boz………… thank

    [Reply]

  79. teddy on June 20th, 2011 11:20 am

    Dear Pak Arsitek,
    Mohon bantuanya pak, saya punya tanah ukuran 10,20 m ( Lebar ) x 35 m panjang.., saya berniat membuat rumah petak dengan ukuran 3 m ( L ) x 8 ( P ) sebanyak 10 petak…
    namun saya mempunyai dana yg terbatas, sy berencana menggunakan bahan2 batako,dan atap asbes, plafon asbes /triplek ?? , kosen kayu atau alumunium ? mohon sarannya pak.. kira2 berapa harga permeter utk menggunaka bahan tsb..
    Ohh iya pak, saya juga berencana buat pondasi 2 lantai siapa tau saya ada rejeki bs naikan jadi 2 lt.., apa Bpk bisa kasi saran model dan gambar bentuk rumah petak nya baik 1 lt ataupun 2 lt ?
    Atas saran dan bantuan Bapak, saya ucapkan terimakasih..

    [Reply]

  80. mega on July 28th, 2011 12:02 pm

    saya berencana membuat kanopi beton ukuran lebar 6.5m degam panjang 6-7meter. rumah saya didaerah cibubur. rencananya diatapnya akan saya dakling dan buat duduk santai terbuka dengan dikelilingi pagar pendek. Untuk pagar bagian depan akan saya buat pagar geser besi lebar 6.5 meter dengan tinggi 1.60 meter. berapa perkiraan biaya yang saya harus keluarkan ya? bisakah mengubungi saya di mega2_thayeb@yahoo.co.id
    terima kasih.

    [Reply]

  81. amal on October 4th, 2011 11:14 pm

    Bagi yang ingin renov atau bangun silahkan hub.081905980788 atau gambar diemail ke Saptakk_project3@yahoo.com
    dijamin murah

    [Reply]

  82. ade sandjaya on October 24th, 2011 11:06 am

    Saya memiliki rumah type 45/126. Ada sisa tanah kosong di bagian samping seluas 4 m x 7 m. Saya bermaksud menambah ruangan dengan dak beton di sisa lahan tersebut dengan dinding bata merah. Bagian atas akan digunakan sebagai tempat menjemur pakaian dan tanki air 500 liter. Adapun bagian bawahnya akan digunakan sebagai dapur dan kamar. Kira2 berapa total biaya untuk membuat konstruksi pekerjaan tersebut? Termasuk memberi keramik pada lantai dapur tersebut.Terima kasih banyak.

    [Reply]

  83. eddy on October 29th, 2011 7:23 pm

    Dear pak arsitek
    mohon bantuannya pak, Saya mempunyai rencana merenovasi rumah dgn luas tanah 138M2 dan luas bangunan sekitar 70M2.
    renovasi diperlukan karena atap triplek bocor dan plafon sudah terserang rayap, dan lantai rumah sudah meretak keramik bahkan ada yg amblas keramiknya dan terangkat naik ( tidak rata ).
    saya tersedia dana sebesar 100 juta, apakah mungkin dengan biaya yang ada cukup membangun rumah 2,5
    tingkat, dimana pada lantai satu tidak ada sekat atau kosong lantai dua utk tinggal dan lantai satu untuk ruang usaha,
    atas bantuan dan saran nya saya ucapkan tks

    Eddy

    [Reply]

  84. Ani on December 4th, 2011 4:01 pm

    Pak Arsitek,

    Saya mempunyai sisa tanah di bagian belakang rumah seluas 700cm x 300cm.
    Saya berencana untuk membuat :

    1) 1 KM kecil ukuran 120cm x 150cm di sudut kiri sisi dinding depan.

    2) Tangga putar untuk menuju ke tempat jemur pakaian di sudut kanan sisi dinding depan.

    3) Taman kering mungil di sebelah kiri tangga putar.

    4) Tempat cuci ukuran 100cm x 70cm di samping tangga putar di sisi dinding sebelah kanan.

    5) Penutup atap ruangan tersebut menggunakan genteng beton dengan rangka baja dan plafon gypsum.

    6) Penutup dinding tempat jemuran ukuran 300cm x 200cm.

    7) Penutup atap tempat jemuran menggunakan genteng metal.

    8) Pintu teralis untuk masuk ke tempat jemur pakaian.

    Adapun diantara KM dan taman itu sudah digunakan untuk dapur tipe lurus ukuran 300cm x 80cm yang merapat pada dinding.

    Untuk tempat jemur pakaian diatas juga sudah dicor tetapi atap dan dindingnya belum ditutup.

    Pertanyaan saya :
    1) Bagaimana bentuk atap yang tepat untuk menutup ruangan dapur tersebut?

    2) Berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan hal-hal tersebut diatas?

    Atas bantuannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

    [Reply]

  85. rini on December 20th, 2011 12:11 pm

    Selamat siang,

    Mohon bantuannya segera…
    Saya memiliki rumah type 33/72 dengan sisa tanah kosong di bagin belakang seluas 12 m2(3 x 4 m). Saya bermaksud menambah ruangan dengan dak beton di halaman belakang rumah saya tersebut dengan dinding bata merah. Bagian atas akan digunakan sebagai tempat menjemur pakaian dan tanki air 500 liter, sedangkan bagian bawahnya akan digunakan sebagai dapur. Kira2 berapa biaya untuk membuat ruangan tersebut, termasuk membuat pondasi cakar ayam dan memberi keramik pada lantai dapur tersebut.
    mohon di balas segera pak..
    terimakasih.

    [Reply]

  86. sulaiman on May 20th, 2012 1:14 am

    Pak saya mau tanya, saya ada rencana untuk membagun sebuah rumah di atas tanah seluas 2,5 m x 10 m, bgmn menurut bapak,
    1. Bentuk rumah yg akan sy bagun tsb mengingat lahannya sgt terbatas,apa model bertingkat atau memanjang saja
    2. kalau kita buat model bertingkat,kira2 brp anggaran biaya yg dibutuhkan utk hal tsb,
    skdr memperjelas informasi, tanah tersebut sudah ada tembok dan dinding rumah disebelahnya

    [Reply]

  87. Armstrong Indonesia on June 21st, 2012 4:31 pm

    saya ada lahan kosong 3×5,saya bermaksud mau buat kolam ikan.kira-kira berapa duit?

    [Reply]

  88. noer hayati on October 1st, 2012 1:56 pm

    saya memiliki rumah minimalis baru type 45/90 sisa tanah dibelakang ingin saya renovasi luas 3x6m2 akan saya pergunakan untuk r. mkn terbuka dengan tempat jemuran dan tempat cuci baju diatasnya separo dari 3×6 m2 pingin saya dak buat r. serbaguan berapa biaya yg hrs saya keluarkan dan saya minta disaindnya biar kelihatan luas mksih infonya sy tgu segera

    [Reply]

  89. eko on November 6th, 2012 3:08 pm

    saya mohon infonya saya berencana bangun rumah dengan luas tanah 6×18.5m yang mau saya bangun 6x11m sudah pondasi dengan 2 kamar tidur kira kira berPa biaya yang harus saya siapkan seminimal mungkin,terimakasih.

    [Reply]

  90. masro on November 29th, 2012 8:56 pm

    pak,tolong kisaran biaya kalau saya ingin membangun dapur yang mana lahanya ukuran4x7…yang mana semuanya memakai dinding beton tolong di balas lewat email saya aja pak

    [Reply]

  91. roliana on January 8th, 2013 8:33 pm

    saya punya tanah ukuran 4,5 x 22
    saya rencana bangun dengan model minimalis dengan lantai 1 1/2 mohon pak buat kontruksinya / gambarnya yang cocok dengan 2 kamar dan rincian biaya yang dibutuhkan makasih pak

    [Reply]

  92. maria on February 6th, 2013 1:22 pm

    Pagi Pak
    Saya mau menanyakan untuk sekarang ini saya ada rumah 1 lantai ukuran 7×20, (belum ada cakar ayam untuk bangunan 2 lantai)
    saya ingin membangunnya menjadi 2 lantai (full)

    apakah saya harus membangun/merombak semua dari awal untuk membuat rumah dibangun 2 lantai ataukah yang lantai 1 bisa dipertahankan struktur bangunannya sehingga biaya yang dikeluarkan bisa ditekan?
    kemudian perkiraan biaya yang diperlukan kira2 brapa ya

    mohon info nya ya Pak

    trima kasih banyak sebelumnya

    [Reply]

  93. jaka on March 7th, 2013 1:27 pm

    kalau ada yang ingin memindahkan mesin atau memasang mesin baru baik mesin industri atau komersial bisa hubungi kami 081280124752 atau 081567818143. panduaninstalasi.com

    [Reply]





  • climate change »

    8th International Conference on Advanced Building Skins

    September 11, 2013

    8th International Conference on Advanced Building Skins thumbnail

    International Conference on Advanced Building Skins will take place from 05-06 November in Bressanone, northern Italy, with main objective to contribute to a multidisciplinary, integrated planning approach among architects, engineers, scientists, energy managers, manufacturers and the building industry, with the aim to reduce energy consumption while improving the comfort of the building’s occupants. This year’s topics include: […]

    call paper »

    Call for Paper : 2013 Cities International Seminar: ‘Resilient Cities: Beyond mitigation, preparedness, response, and recovery’

    April 6, 2013

    CITIES is an annual event hosted by the Department of Urban and Regional Planning, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Since the first time it was held, CITIES has covered a broad range of topics in spatial sciences. This year, CITIES aims to explore the theme ‘Resilient Cities: Beyond mitigation, preparedness, response, and recovery’. Accelerated urbanization, especially […]

  • Most View Journals

  • Travelling ------------------
  • architect journey »

    Urban Design at Shinjuku District, Tokyo, Japan

    September 4, 2013

    Urban Design at Shinjuku District, Tokyo, Japan thumbnail

    Allied invasion that occurred in 1945 have devastated Japan in particular the city of Tokyo, including destroying roads and railway lines and stations in the area of ​​Shinjuku. Not long after the incident, immediate renovation to rebuild the entire city of Tokyo were destroyed, including the Shinjuku area.   The literal meaning of the word: […]

  • Newsletter Subscribe

  • Highlight ------------------
  • urban design »

    Waitan-The Bund, Shanghai

    August 10, 2014

    Even for non-architecture viewers, this area gives a feast to the eyes. The contradiction between old and new superimposed on each side of the Huang Pu River. Although both sides have their own beauty, but of course each with their own different time line, now being exposed at the same time. It shows just how […]

  • —————————————–

  • RSS RSS 2

  • Recent Comments

  • architecture »

    Kansai International Airport Building Design

    September 17, 2013

    Kansai International Airport Building Design thumbnail

    Kansai International Airport (KIX) was designed by architect Renzo Piano, in collaboration with local architects. This four times two kilometer-square building complex was constructed to state-of-the-art design requirements and very high quality standards. The airport was one of ten “Civil Engineering Monument of the Millennium” award by American Society of Civil Engineers. The design has […]

  • Photography ---------------
  • photography »

    Photograph of Solomon R Guggenheim Museum, New York

    March 12, 2012

    Photograph of Solomon R Guggenheim Museum, New York thumbnail

    The Solomon R. Guggenheim Museum (often referred to as “The Guggenheim”) was designed by Frank Lloyd Wright, as one of the 20th century’s most important architectural landmarks, especially because it’s unique building shape (formed in spiral shape). The museum is located on the Upper East Side of Manhattan, 1071 Fifth Avenue (at 89th Street), on […]



    EDITORIAL JOURNAL